Antisipasi Dini Penularan Covid-19 

Lurah Kampung Melayu Berikan Edukasi kepada Warga Pendatang 

Lurah Kampung Melayu foto bersama dengan tiga oilar dan masyarakat

Laporan Kurniawan
Pekanbaru

           SEBANYAK  tujuh warga pendatang yang dikategorikan berasal dari zona merah  Covid-19 diberi edukasi dan pemahaman pencegahan Covid-19 di Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Sukajadi.

Sementara itu, edukasi ini diberikan langsung Lurah Kampung Melayu, Zakris SPi SIP, bersama tiga pilar (Babinsa dan Babinkamtibmas), begitu tujuh warga tersebut baru datang secara tidak bersamaan.

"Kita lakukan tanggap Covid-19 di Kampung Melayu. Salah satunya kita sudah melakukan edukasi kepada tujuh warga yang baru datang dari zona merah," ujar Zakris, kepada wartawan, Rabu  (8/4/2020). 

Zakris menambahkan, bahwa  tujuh warga tersebut, satu diantaranya baru pulang dari Malaysia, dan enam orang lagi baru datang dari Yogyakarta.  Dan mereka diberikan edukasi khusus sesuai dengan himbauan pemerintah dan implementasi Surat Edaran Wali Kota Pekanbaru tentang antisipasi dini penularan Covid-19 di tengah masyarakat.

Zakris menjelaskan, langkah yang pertama dilakukan yakni membawa tujuh warga tersebut serta mengkoordinasikannya ke Puskesmas terdekat. pendataan yang selanjutnya diberikan pemantauan khusus bersama tiga pilar

"Kita minta juga setelah itu mereka isolasi mandiri selama 14 hari. Hal ini bertujuan agar kita bisa mengantisipasi secara dini titik rawan dan potensi tinggi penularan covid-19," terang Zakris.

Begitu dalam masa isolasi, Zakris bersama tiga pilar tak berhenti sampai disitu. Edukasi berikutnya yang diberikan olehnya adalah meminta kepada 7 warga pendatang tersebut untuk jaga jarak dan selalu menggunakan masker.

"Mereka kita minta juga berjemur selama 10-15 menit dari pukul 10.00-13.00 WIB. Dan ini,  kita minta untuk memastikan bahwa mereka telah mengikuti prosedur dan himbauan dari pemerintah. 

Selain itu edukasi ini dimaksudkan agar mereka sadar dan mau melakukannya secara sukarela dan mandiri untuk kebaikan bersama," tutur Zakris. ***


Berita Lainnya...

Tulis Komentar